Tuesday, January 2, 2024

Kenapa Ngeblog?

Kenapa Ngeblog?

Tahun 2017 aku sudah membuat blog, tapi aku bingung mau diisi tulisan seperti apa. Awal mula kenapa membuat blog yakni terinspirasi dari kakak perempuanku yang memiliki blog dan suka menulis puisi di laman blognya. Akhirnya aku juga ingin membuat blog, karena aku sendiri cukup suka menulis pada waktu itu. Pada saat itu, aku juga masih bingung bagaimana cara menggunakan blog. Lalu berakhir dengan kosong sampai akhirnya aku hapus blognya dan membuat yang baru. 

Sebenarnya aku tertarik dengan dunia menulis, aku ingin mempelajari bukan hanya sekedar menulis. Ada banyak pekerjaan sebagai penulis, begitupun dengan gaya penulisannya. Aku ingin karya dari menulis ku ini mendapat apresiasi, memberikan manfaat, dan menjadi hobi yang dibayar. Membayangkannya menyenangkan, melakukan sesuatu sebagai hobi yang dibayar, bukankah itu akan membuat semakin enjoy.


Alasan Kenapa Memulai Kembali Ngeblog


  1. Menuangkan Isi Pikiran 

Ngeblog sendiri menurut aku bisa menjadi media untuk menuangkan isi pikiran. Banyak orang termasuk aku tidak bisa mengeluarkan isi kepala dengan mulut, akhirnya dengan menulis aku bisa mengeluarkan isi kepala dengan bebas. Membantu sedikit meredam kebisingan kepala yang ingin segera dikeluarkan. Kebisingan isi kepala yang aku maksudkan adalah ide-ide yang seringkali terbengkalai. Hanya dipendam saja, karena tidak berani untuk action.


  1. Menambah Skill Baru 

Ternyata blogging tidak hanya sekedar menulis biasa saja, ada juga bagaimana caranya marketing melalui tulisan yang dibuat. Belajar tentang SEO juga, yang mana aku belum tahu sama sekali cara kerja dari SEO. Oke harus belajar lagi. Dan masih banyak lagi skill baru yang dihasilkan dari blogging. Semangat belajar hal baru teman-teman!


  1. Networking 

Dengan membuat blogging sebetulnya menambah networking. Caranya adalah dengan mengikuti seminar blog, bergabung dengan group blog, mengikuti event atau perlombaan. Sebetulnya dengan blogging secara otomatis mengundang orang untuk berkunjung ke blog dan bisa menjalin hubungan yang profesional.


  1. Menambah Pendapatan 

Dengan belajar berbagai skill baru dari blogging baik itu menulis dengan baik, benar, dan menjual. Belajar mengenai ilmu yang lainnya dalam blogging membuat aku semakin tertarik dan berpikir bagaimana caranya hobi ini bisa dibayar. Entah itu nantinya melalui artikel yang aku tulis di blog atau website, atau nantinya menjadi ide konten yang aku tuangkan di media sosial. Ohya, jangan lupa follow instagram baru aku @didacerita, isi dari konten instagram kebanyakan bersumber dari blog aku sendiri. 


Sebenarnya masih banyak alasan kenapa aku ngeblog, tapi sudah aku rangkum menjadi garis besar. Semangat untuk teman-teman yang baru mulai belajar blogging seperti aku. Semua hal yang ditekuni dengan niat yang baik akan menghasilkan yang baik juga. Belajar ilmu baru memang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa tapi belum bisa cara mempelajarinya saja. Semangat berkarya!.


19 comments:

  1. Keren, Kak. Maa syaa Allah.
    Yuk kita semangat nge-blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah, terima kasih semangatnya Ka. Kaka juga semangat terus ya

      Delete
  2. Masya allah, semangat kakak. Mari kita tuangkan ide-ide yang ada di kepala kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai ide-ide yang keren itu terpendam Ka

      Delete
  3. Ayok ayok kita menulis bersama melalui ODOP ini dan semoga seterusnya ada program yg bikin kita terus menulis di blog masing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lewat ODOP menjadikan kita rajin nulis lagi Ka

      Delete
  4. Masya Allah alhamdulilah sudah betul saya nyemplung di dunianya orang -orang yang warbiasah😍

    ReplyDelete
  5. Tempat mencurahkan isi hati selagi menghasilkan oke bangett yaa Kakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat yang cocok buat orang yang ga berani cerita ke orang lain ka

      Delete
  6. Hai Kak Dida, salam kenal ya. Sesama peserta ODOP, mari kita saling mendukung.

    ReplyDelete
  7. Hai Ka salam kenal saling support yuk

    ReplyDelete
  8. Masya allah, salam kenal, kakak. Mari saling support

    ReplyDelete
  9. semangat ngeblog untuk menambah pendapatan

    ReplyDelete