Sunday, January 7, 2024

Makanan Favorit

 Makanan Favorit 

Saya sendiri sangat bersemangat ketika membahas makanan favorit. Karena saya sendiri hobi makan dan menyukai berbagai makanan. Sejatinya makan adalah pemenuhan gizi tumbuh yang nantinya diolah menjadi energi. Orang akan bersemangat untuk makan ketika yang dihidangkan adalah menu favoritnya. Tapi catat baik-baik, tidak boleh makan berlebihan.Dari sisi agama tidak baik, begitupun dari pov kesehatan juga. Nah, apa saja sih makanan favorit saya. 


10 Makanan Favorit 


  1. Mie Ayam 

Saya adalah pecinta mie, khususnya mie kuning. Apapun jenis makanan yang berasal dari mie saya suka. Terlebih mie ayam yang dijual grobak warna biru, I like it. Saya lebih suka mie ayam dengan tekstur mie yang kecil, potongan ayam yang tidak terlalu besar, kuahnya agak banyak, banyak daun bawangnya, dan ada taburan bawang goreng. Duh jadi pengen kan wkwkwk. 




  1. Bakso 

Masih satu kerabat dengan mie ayam, bakso menduduki peringkat kedua setelah mie ayam. Kalau tadi saya bilang pecinta mie, tapi saya kurang begitu suka dengan mie putih yang ada di bakso. Saya akan memesan bakso dengan mie kuning, jika tidak ada maka saya akan memilih bakso dengan kuah aja. Kalau bakso saya suka bakso yang tidak terlalu padat juga tidak terlalu gampang pudar. Kuah bakso saya suka yang asin, karena rasanya segar. Pastinya taburan bawang goreng. Untuk makan bakso, saya lebih suka dengan rasa yang pedas. 




  1. Seblak

Makanan sejuta umat yang gampang banget belinya, yakni seblak. Makanan khas sunda ini memang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, tidak hanya di daerah Jawa Barat saja. Tampilan dan rasanya juga berbeda-beda, masing-masing mempunyai tampilan dan rasa yang khas. Ada seblak yang kuahnya banyak dan ada juga yang kuahnya sedikit cenderung nyemek. Saya sendiri menyukai seblak yang banyak kuahnya. Topping yang saya sukai adalah dumpling rasa keju. Tapi saat ini saya sedang mengurangi frekuensi makan seblak, karena tergolong makanan yang kurang sehat. 




  1. Sate 

Literally sate yang banyak dijual adalah sate ayam dan kambing. Saya suka keduanya, terutama sate ayam. Aroma bumbu sate ketika sedang dibakar sangat sedap sekali. Sate yang dijual di pinggir jalan atau street food menurut saya memiliki rasa yang authentic dibandingkan yang dijual di restoran. Akan tetapi semua sate enak, saya suka sate. 



  1. Nasi Goreng 

Nasi goreng adalah makanan favorit saya ketika kelaparan tengah malam. Saya lebih suka nasi goreng pinggir jalan. Masih dengan alasan sayang sama seperti sate, nasi goreng pinggir jalan memiliki rasa yang authentic. Selain itu, saya suka melihat proses memasaknya. Walaupun saya sudah tau, tapi gaya masaknya yang membuat saya betah nonton. Saya sendiri menyukai nasi goreng yang cukup pedas, ada rasa kencurnya sedikit, dicampur telur, dan kerupuk.



  1. Kwetiau

Selanjutnya ada makanan kwetiau. Saya sering kali memesan kwetiau ketika berada di tempat makan yang list menunya saya kurang suka. Menurut saya, kwetiau ini jenis mie yang enak setelah mie ayam. Paling suka adalah kwetiau nyemek, yang rasanya pedas. Terkadang ada kwetiau yang terlalu terasa mericanya, saya kurang suka dengan pedas merica. 


         

  1. Martabak 

Saya menyukai martabak manis dan martabak telor. Tapi kalau memilih, saya akan pilih martabak manis. Karena saya menyukai makanan yang manis dan juga martabak manis membuat saya lebih cepat kenyang. Jadi saya tidak terlalu banyak memakannya. Saya menyukai martabak manis rasa coklat dan kacangnya. Pokoknya martabak manis the best. 



  1. Rujak Buah

Salad buah tradisional ini merupakan makanan favorit saya. Karena selain saya suka buah, bumbu rujaknya saya sangat suka. Apalagi dengan bumbu yang pedas dan banyak kacangnya, semakin membuat rujak menjadi sedap. Cara penyajian rujak juga berbeda, ada yang dipotong kemudian disiram bumbunya. Ada juga yang diuleg dengan bumbunya. 



  1. Soto Ayam

Indonesia memiliki jenis soto. Tapi saya lebih menyukai soto ayam yang memakai ketupat, menggunakan kuah santan, dan bumbu kacang. Membayangkan saja sudah enak. Saya juga menyukai soto ayam khas semarang, karena kuahnya yang segar. 




  1. Roti Bakar

Roti bakar merupakan pilihan kedua setelah martabaknya habis dijual. Lagi-lagi saya menyukai roti bakar rasa coklat. Dengan harga yang cukup murah, tapi rasanya tidak murahan. 



Itulah 10 makanan favorit versi saya. Kalau teman-teman adakah yang sama makanan favoritnya seperti saya?


13 comments: