Tuesday, January 9, 2024

Self Love = Menjaga Mental

 Self Love = Menjaga Mental


Kini kesehatan mental sama pentingnya dengan kesahatan fisik. Bahkan, kesehatan mental sangat mempengaruhi kesehatan fisik. Jiwa yang sehat mempengaruhi seseorang lebih produktif. Kesehatan mental merupakan cerminan kesejahteraan emosional, psikologis, dan social seseorang. Saat kesehatan mental seseorang terjaga, seseorang akan lebih mudah dalam menangi stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Saya sebagai generasi Z (Gen Z) merasakan sekali isu kesehatan mental sangat santer terdengar dan menjadi sangat penting bagi kelangsungan hidup mereka. Tak jarang di tengah kehidupan yang penuh tantangan dan tuntutan, saya semakin sadar akan pentingnya kesehatan mental. Sekarang ini banyak orang hidup bagaikan kejar-kejaran dengan orang lain. Setiap orang berusaha menjadi yang “paling” diantara orang lainya. Tetapi berbalik ketika mereka perasaan nengatif, mentalnya akan paling cepat terkena dampaknya. Dari yang overthinking sampai abusive terhadap diri sendiri.

Sedikit tips dari saya dalam menjaga mental atau kewarasan diri adalah dengan self care.

Self care sendiri banyak macamnya, akan tetapi arti self care menurut saya adalah tentang merawat diri. Dengan memahami kebutuhan dan mengambil tindakan yang positif tentunya. Contoh kebutuhan yang sederhana adalah, tidak lupa makan meskipun sedang sibuk mengerjakan pekerjaan. Apalagi ketika sudah sadar mempunyai maagh ataupun asam lambung.  

Saya pernah mengalami burn out, ketika dibiarkan bisa berdampak stres. Memang betul tidak semua stres itu buruk. Tapi, stres jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Kalau saya sedang mengalami burn out, maka saya mencoba untuk mengurai satu persatu dan membuat tabel prioritas. Disamping itu, saya mencoba membenahi kembali pola tidur, pola makan, dan olahraga. Karena menurut saya olahraga salah satu bentuk self care yang bisa mengatasu pikiran burn out.

Jangan pernah membandingkan diri sendiri denga pencapaian orang lain. Yang selalu saya ingat bahwa setiap orang punya waktunya masing-masing. Saya selalu afirmasi positif kepada diri saya sendiri. Menurut saya, itu merupakan mantra baik untuk menghadapi hidup ini. Dengan self care maka saya akan memperlakukan dan menerima diri saya dengan baik dan apa adanya. Sehingga hal tersebut mencegah terjadinya sakit secara mental.

Self care menurut saya adalah sesuatu yang penting untuk diri sendiri. Tapi sering kali self care dianggap selfish. Memang betul memperdulikan orang lain itu perlu, tapi jangan lupa untuk kepentingan diri juga. Jangan pernah mengabaikan rasa lelah dan sakit yang dialami, perlu sesekali melakukan self care. Karena dengan sefl care dapat meredakan emosi, stres, rasa khawatir. Dengan kata lain, self care dapat membantu diri tetap sehat, terutama sehat secara mental.

Saya rasa dengan memahami kebutuhan yang berarti memahami diri sendiri itu perlu. Dengan self care, dapat menciptakan kehidupan yang seimbang dan bahagia. Penting sekali menjaga kesehatan mental ditengah zaman yang serba cepat, penuh tekanan, dan tentangan. Ingat, jangan egois ke diri sendiri. Karena kamu begitu berharga.

 

4 comments: