Wednesday, January 10, 2024

Kalau Punya Uang 5M

 Kalau Punya Uang 5M 



Manifest dulu tidak ada salahnya, tiba-tiba diberikan rezeki uang yang begitu banyak. Total 5M. Wah ada berapa tuh 0-nya. Semoga saja ya, kita diberikan kemudahan dalam mencari dan mendapatkan rezeki yang halal. 

Kalau saya diberikan rezeki uang 5M, akan saya alokasikan untuk beribadah, menabung atau investasi, belanja kebutuhan, dan lain-lain.


  1. Beribadah 

Akan saya gunakan untuk ibadah haji, untuk saya dan keluarga. Sebagai seorang muslim, pasti menginginkan rukun islamnya terpenuhi semua. Setelah itu, tetap akan saya sisihkan untuk ibadah umroh di lain waktu. Siapa si muslim yang tidak ingin beribadah di tanah suci, semua pasti menginginkan itu. Dan semoga teman-teman yang muslim segera berangkat menjadi tamu Allah. Aamiin.

Selain haji dan umroh, saya juga ingin bersodakoh dan menzakatkan uang yang saya punya. Karena, apa yang saya dapatkan ada hak milik orang lain juga. Dengan bersodakoh dan zakat, sejatinya sama seperti membersihkan harta yang kita punya. Salah satu bentuk syukur dengan rezeki yang ada saat ini adalah digunakan untuk beribadah. 


  1. Menabung 

Kenapa kok setelah punya 5M malah di tabung kembali. Karena saya ingin menabung untuk dana darurat dan dana pensiun. Selain itu, menabung untuk pendidikan, menikah, dan pembelian aset yang dapat digunakan atau dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi di masa yang akan datang. Terkadang terlintas pikiran “toh uang masih banyak, ngapain harus nabung?”. Itu adalah saya dulu, tapi sekarang sudah beda. Kalau saya yang sekarang, bagaimana caranya saya mendapatkan rezeki dengan nominal tertentu tapi tetap bisa ditabung. 


  1. Belanja Kebutuhan 

Ingat ya, bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan yang saya maksud adalah kebutuhan primer. Jika belum mempunyai rumah, maka membeli rumah dan perabotannya. Jika belum mempunyai laptop untuk penunjang pekerjaan, maka membeli laptop sesuai yang spesifikasi yang dibutuhkan. Jika belum mempunyai kendaraan untuk menunjang akses agar lebih cepat dan mudah, maka belilah. Membeli sesuatu bukan untuk hanya gaya saja, tetapi memang benar-benar memiliki manfaat. 


  1. Lain-lain

Lain-lain di sini adalah untuk berlibur, saya mempunyai cita-cita untuk berlibur di beberapa tempat di Indonesia. Dan juga ingin mendaki gunung. Jiwa kita membutuhkan liburan untuk release stress. Apapun bentuk liburannya, yang pasti untuk kebutuhan jiwa bisa merasakan suasana yang berbeda dengan sebelumnya. Liburan juga menurut saya sebagai salah satu bentuk self reward. Terima kasih untuk diri sendiri yang sudah bekerja keras selama ini. 


Itulah list yang sudah saya rangkum, kalau saya mendapatkan uang 5M. Bagi saya uang tersebut sangat banyak, membayangkannya saja masih belum tergambar berapa lembarnya. Tapi tidak apa-apa, catat saja dulu to do listnya sebelum mendapatkan uangnya. Hal tersebut menjadikan semangat untuk mendapatkan apa yang sudah diimpikan dan bentuk manifes serta afirmasi diri.

Pesan dari saya “sholawatin aja terus, semoga tahun 2024 dapat rezeki 5M.”  



9 comments: