Thursday, January 11, 2024

Semangat Kembali Belajar Di Tahun 2024

Semangat Kembali Belajar Di Tahun 2024


Tahun baru resolusi baru. Kata-kata tersebut sering terdengar manakala pergantian tahun. Tidak salah juga, berarti orang tersebut memiliki cita-cita untuk lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Begitupun dengan saya. Rasanya banyak sekali resolusi yang tidak berjalan sesuai dengan harapan di tahun kemarin dan saya ingin mewujudkannya di tahun ini. Banyak pembelajaran dari gagalnya resolusi tahun kemarin dan dari kegagalan tersebut saya gunakan sebagai lecutan untuk bisa memperbaiki satu-persatu serta merapikan kembali.

Yang ingin aku pelajari tahun 2024 


1. Al-Quran

Sedang di fase fakir ilmu agama. Rasanya saya ingin mempelajari Al-Quran, karena Al-Quran adalah pedoman hidup umat muslim. Walaupun tidak fasih berbahasa arab, akan tetapi di zaman yang sudah semakin maju dan dibantu dengan teknologi yang semakin canggih pastinya membantu dalam pembelajaran Al-Quran. Banyak buku terjemahan berbahasa Indonesia atau Inggris dan juga sekarang banyak channel YouTube yang membantu dalam belajar Al-Quran. Belajar hal baik memang butuh perjuangan, begitupun saya. Dengan iman yang fluktuatif, tetapi harus tetap semangat dalam belajar. 

2. Entrepreneur

Dilahirkan dari keluarga yang mayoritas sebagai pedagang, saya sangat tertarik untuk belajar bisnis. Terlebih saya lulusan ekonomi, rasanya sayang kalau ilmunya tidak diterapkan. Karena menurut saya berbisnis adalah pekerjaan jangka panjang. Tapi disini, saya ingin belajar berbisnis di bidang jasa. Karena menurut saya lebih simple dalam hal waktu dan tempat. Yang ingin saya bentuk terlebih dahulu adalah mental dan mindset dalam berbisnis. Saya masih sering give up manakala jualan saya belum dilirik sama sekali oleh konsumen. Semoga saja tahun 2024 branding diri sebagai entrepreneur sudah mulai terbentuk dengan baik. 

3. Menulis

Yap, yang sedang saya jalani sekarang. Belajar dari ngeblog dulu, memilih gaya bahasa untuk branding diri, melatih konsistensi niche serta menulis. Selain itu saya ingin belajar menulis sebagai content writing, karena saya senang membaca artikel. Terkadang terpikirkan darimana asal idenya bisa menulis secara rapi, rinci, informatif, atraktif. Sebenarnya belajar menulis tidak hanya sebagai content writing, tetapi saya juga ingin belajar menulis untuk novel. Semoga saja tetap bisa konsisten menulis di blog sembari belajar ilmu tentang menulis lainnya. 

4. Content Creator

Mengapa saya ingin belajar menulis sekaligus belajar content creator, karena dua hal tersebut saling berhubungan.  Membuat content di media sosial menurut saya membutuhkan skill menulis. Lebih dari itu, saya juga menyukai photography, videography, dan editing. Jadi saya pikir kenapa tidak untuk dikembangkan. Melakukan sesuatu yang disukai membuat lebih enjoy, bahkan ketika mengalami kesulitan maka akan tetap berusaha mencari jalan keluarnya. 

5. Investasi

Bukan hanya ingin mengikuti arus, tapi menurut saya pribadi investasi juga perlu untuk dipelajari. Tidak usah investasi yang muluk-muluk dulu, dari dulu diajarkan untuk berinvestasi emas. Investasi tersebut bisa dilakukan oleh siapa aja, tetap saja butuh ilmu dan skill agar berjalan dengan baik serta menghasilkan return yang tinggi. Selain emas, beragam sekali investasi saat ini yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. Mumpung masih muda, belajar investasi untuk kestabilan finansial di masa yang akan datang.


Lima hal yang ingin saya pelajari lebih serius di tahun 2024. Belajar memang melelahkan, tapi tidak tahu apa-apa bisa diremehkan. Jadi, semangat untuk teman-teman semua untuk learn gaols tahun 2024. Semoga tetap konsisten, semangat, dan berbuah manis. 


5 comments: