Sunday, January 28, 2024

Salah Satu Kunci Hubungan Yang Awet Yakni Kepercayaan

Salah Satu Kunci Hubungan Yang Awet Yakni Kepercayaan

Kepercayaan adalah salah satu pondasi dalam sebuah hubungan agar awet. Bayangkan sebuah banguan tidak memliki pondasi yang kuat, maka bangunan tersebut akan mudah rapuh bahkan roboh. Kepercayaan benar-benar berperan besar dalam membangun dan mempertahankan hubungan. Jika ingin hubungan kuat dan awet, walaupun menghadapi situasi yang sulit. Maka bangun lah kepercayaan yang kuat juga.

Apabila pasangan tidak saling percaya atau hanya sekadar kata-kata, jangan heran kalau pasangan tersebut akan sering bertengkar karena perkara kecil. Suatu kepercayaan juga perlu pembuktian. Karena hal tersebut bagian penting peran kepercayaan dalam sebuah hubungan. Peran kepercayaan untuk hubungan yang awet antara lain :

1. Bebas dari Sifat Posesif

Bayangkan sifat posesif menghantui setiap langkah kamu, pastinya tidak akan nyaman. Bahkan sifat posesif bisa menghambat kamu untuk berkembang, karena pasangan kamu tidak percaya dengan langkah yang kamu ambil. Bukan karena kamu akan gagal, tetapi ketika kamu berkembang akan semakin banyak lawan jenis yang akan tertarik kepada kamu. Disitulah peran kepercayaan terhadap pasangan sangat dibutuhkan. Mulai perbaiki kepercayaan yang ada antara kamu dan pasangan. 

2. Tidak Mudah Cemburu karena Hal Sepele

Beberapa kali menjumpai pasangan yang mudah sekali cemburu karena hal yang sepele. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya sama sekali tidak perlu untuk dicemburui. Misalnya seorang perempuan ingin memakai kutek kuku. Terkesan sepele, karena perempuan sejatinya ingin mempercantik diri. Hal tersebut bisa saja membuat pasangan marah, karena dia pikir akan ada lawan jenis yang tertarik hanya karena kuku yang berwarna. Bagaimana bisa memperbaiki situasi yang seperti itu, hanya dengan kepercayaan yang penuh terhadap pasangan maka bisa menghilangkan hal-hal yang seperti itu.

3. No Drama 

Pernah dengar pasangan dengan sejuta cerita dramanya? Posesif dan cemburu terhadap hal sepele yang seharusnya tidak perlu akan pasti ada ketika sudah tidak ada lagi rasa percaya. Bayangkan, pasti banyak drama yang akan timbul dari kedua hal tersebut. Bayangkan juga ketika hubungan damai tanpa drama. Situasi tersebut bisa saja terjadi ketika rasa percaya itu tumbuh subur dalam suatu hubungan. 

4. Saling Tumbuh Bersama 

Siapa si yang tidak ingin tumbuh bersama pasangan? Sama-sama saling support satu sama lain, baik itu karir, pendidikan, dan cita-cita baik short term ataupun long term. Karena dengan pondasi kepercayaan satu sama lain, maka saling memberi ruang dan waktu untuk bertumbuh. Bahkan ketika salah satu mencapai puncaknya, tidak menjadikan menang dan kalah, tidak menjadi pasangan yang kompetitif. Justru akan menjadikan motivasi untuk lebih baik lagi dari versi yang sebelumnya. 

Kepercayaan ibarat sebuah vitamin dalam hubungan. Memberikan hubungan lebih sehat, serta memenuhi kebutuhan suatu hubungan. Sehingga memberikan nilai yang positif, salah satu contohnya adalah timbul kenyamanan. Bisa percaya dan merasa dipercaya akan membuat satu sama lain merasa diterima apa adanya dan secara tidak langsung membuat satu sama lain untuk terus bersikap baik. 

Kalau kepercayaan adalah salah satu kunci hubungan menjadi awet, tentu banyak hal baik yang dapat dibangun di atasnya. Hal tersebut akan menciptakan ambience yang sehat untuk sebuah hubungan serta untuk masing-masing individu didalamnya. 


No comments:

Post a Comment