Saturday, January 13, 2024

Indonesia dan Ceritanya

Indonesia dan Ceritanya



Indonesia negara dengan banyak pulau, suku, budaya tentunya mempunyai keunikannya masing-masing. Dalam memperjuangkan kemerdekaan juga mempunyai cerita sejarahnya, hal tersebut yang membuat Indonesia semakin mempunyai cerita khasnya. Teman-teman tentunya mengetahui bagaimana cerita kemerdekaan Indonesia yang penuh dengan perjuangan.

Dari lahir sampai sekarang, saya menetap di Indonesia. Ternyata banyak hal yang membuat saya bersyukur lahir dan tumbuh di Indonesia. Walaupun semakin saya besar, saya mengetahui negara ini juga mempunyai sisi negatif yang perlu diperbaiki. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi rasa syukur tinggal di Indonesia. 


  1. Masyarakat Indonesia

Dari sekian juta penduduk di Indonesia, masyarakatnya sangat beragam. Mulai dari bahasa, tradisi, budaya, hingga tak jarang disebut “kelakuan unik”. Bisa dibilang masyarakat Indonesia cukup random dengan kelakuannya dan itu yang membuat bahagia tinggal di Indonesia (warga Twitter pasti paham).  Dengan keberagaman tersebut, saya juga belajar mengenai toleransi untuk hidup di Indonesia. Berbeda bukan berarti tidak bisa bersatu.

  1. Alam 

Alam di Indonesia masih banyak yang asri. Banyak sekali wisata alam di Indonesia yang menjadi wishlist saya. Bahkan tak jarang alam di Indonesia terlihat unreal. Terlihat bagaimana alam Indonesia dapat menghidupi masyarakat di sekitarnya.

  1. Kemudahan Beribadah 

Terdapat 5 agama yang diakui oleh Indonesia, yakni Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Dengan begitu, masyarakat Indonesia memiliki agama yang beragam. Tak jarang saya mendengar kebebasan beribadah di setiap negara sangat dibatasi, apalagi untuk kaum minoritas. Akan tetapi menurut saya, di Indonesia masyarakat masih mendapatkan berhak dengan agama dan ibadahnya.

  1. Makanan 

Berbeda budaya, pulau, pasti juga berbeda dengan makanan tiap daerahnya. Itulah yang membuat saya excited untuk berkeliling Indonesia untuk mencicip makanan khas tiap daerah. Yang paling membuat saya kagum adalah salah satu makanan Indonesia yakni rendang diakui oleh UNESCO. 


Kalau bercerita tentang Indonesia tidak akan ada habisnya. Banyak hal-hal yang seru untuk diceritakan. Banyak juga hal-hal yang perlu dipelajari dari Indonesia. Walaupun pada saat masih sekolah belajar banyak tentang Indonesia, tapi rasanya kalau belum terjun langsung masih kurang greget. Salah satu wishlist tahun ini adalah travelling Indonesia


4 comments:

  1. Semoga harapannya tercapai ya kak, bisa keliling nusantara dengan bahagia. Aamiin

    ReplyDelete
  2. indonesia benar -benar kaya dengan ke aneka ragamannya. negara lain belum tentu bisa toleran jika disodorkan keberagaman seperti ini

    ReplyDelete
  3. indonesia memang negeri yang memiliki keindahan tersendiri :)

    ReplyDelete
  4. makanan Indonesia no debat enaknya. emang harus dicobain semuaaa.

    ReplyDelete