Friday, January 5, 2024

Perasaan Sedih

 Perasaan Sedih 

Semua orang tidak selalu merasakan bahagia, ada waktu dimana merasakan sedih. Begitupun dengan aku, pasti ada siklus bahagia dan sedihnya. Yang terpenting adalah bagaimana kita untuk meregulasikan perasaan tersebut ke hal-hal yang baik. Terlebih ketika sedang merasakan sedih, jangan terlalu berlarut dan jangan terlalu diratapi. 

Sedih itu manusiawi. Bukan berarti manusia yang merasakan kesedihan tandanya lemah. Justru dibalik kesedihan menjadikan manusia semakin kuat dan tentunya semakin bersyukur dengan apa yang sudah dilalui. Aku sendiri dalam melewati fase sedih ada tiga tahapan. Aku share disini siapa tau bisa diterapkan juga sama teman-teman yang membaca. 


  1. Sadar 

Ketika dihadapkan dengan kesedihan, aku harus sadar dulu dengan apa yang sedang terjadi. Ga boleh denial, karena ini hal terpenting supaya kita berada di tahap penerimaan. Sadar kalau memang aku sedang bersedih, bisa jadi karena kehilangan, sakit, melakukan kesalahan, dan lainnya. Fase ini menjadikan aku lebih bisa tenang supaya lebih bisa mengontrol emosi. 

  1. Menerima 

Setelah sadar, aku bisa menerima bahwa aku sedang sedih. Itulah kenapa, fase sadar penting untuk bisa sampai di tahap ini. Menerima akan kesedihan yang sedang dialami, menerima bahwa aku sedang gak baik-baik saja. Dengan menerima, aku bisa lebih legowo dengan kesedihan yang aku alami.

  1. Memaafkan 

Terakhir adalah memaafkan. Aku pengin bilang aja, jangan selalu menyalahkan diri sendiri kalau sedang merasakan sedih atau tidak baik-baik saja. Pertama adalah memaafkan diri sendiri, karena manusia adalah tempatnya salah. Kedua memaafkan lingkungan yang sudah berada di luar kendali kita. Kita tidak bisa mengendalikan, jadi biar diri ini saja yang memaafkan mereka. Kalau sudah di fase ini, aku lebih bisa untuk merefleksikan sedih yang aku alami. 


Aku menikmati waktu sedih itu. Yang terpenting tidak berlarut-larut, karena tubuh juga butuh istirahat dari sedih. Semua merasakan sedih, tidak hanya aku dan kamu. Yang berarti aku dan kamu tidak sendirian. Sedih adalah bagian dari hidup, yang bisa menghidupkan hidup. 


No comments:

Post a Comment